Pendidikan merupakan sebuah sarana untuk mendidik anak-anak bangsa sebagai
generasi penerus dengan cara yang elegan. Artinya pendidikan bukanlah sekedar
menjejali anak didik dengan bahan-bahan mata pelajaran yang sifatnya monoton,
yang pada akhirnya menimbulkan rasa jenuh yang muaranya adalah rendahnya
kualitas peserta didik nantinya.
Karena didorong oleh kekhawatiran itulah dimunculkan ide untuk membuka
pendidikan internasional, yang bertujuan meminimalisir jarak ketertinggalan
pola dan metode Indonesia agar lebih sejajar dengan negara-negara lain yang
sudah maju dan mapan pendidikannya. Akan tetapi, munculnya pendidikan
internasional ternyata tidak diiringi dengan pemahaman yang komprehensif
tentang makna, tujuan, metode pendidikan internasional, yang pada akhirnya
memunculkan istilah lain yaitu rintisan sekolah bertaraf internasional atau
sekolah bertaraf internasional. Padahal kedua istilah ini memiliki terminologi
yang berbeda satu dengan yang lainnya.
Tulisan
ini akan mendeskripsikan plus minus pendidikan internasional dan eksistensi
sekolah bertaraf internasional, apakah mampu meningkatkan kualitas pendidikan
di Indonesia atau tidak
0 Komentar