Menurut Ahmad
Sabri (2010: 52) Metode Tanya jawab adalah metode mengajar yang memungkinkan
terjadinya komunikasi langsung yang bersifat two way traffic sebab pada saat
yang sama terjadi dialog antara guru dan siswa. Guru bertanya siswa menjawab,
atau siswa bertanya guru menjawab. Dalam komunikasi ini terlihat adanya
hubungan timbal balik secara
langsung antara guru dan siswa.
langsung antara guru dan siswa.
Menurut Syaiful
Bahri Djamarah (2010 : 94) Metode Tanya jawab adalah cara penyajian pelajaran
dalam bentuk pertanyaan yang harus dijawab, terutama dari guru kepada siswa,
tetapi dapat pula dari siswa kepada guru.
Berdasarkan
uraian di atas, metode pembelajaran tanya jawab adalah suatu cara mengajar dimana seorang
guru mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa dan siswa menjawab ataupun
sebaliknya tentang bahan pelajaran yang telah di ajarkan atau bacaan yang telah
mereka baca, atau cara mengelola pelajaran dengan
menghasilkan pertanyaan-pertanyaan yang mengarahkan siswa memahami materi
tersebut.
Dalam metode tanya jawab, pendidik dan peserta didik
sama-sama aktif. Namun demikian keaktifan peserta didik patut mendapat
perhatian yang sungguh-sungguh sehingga hal itu tidak harus banyak bergantung
pada keaktifan pendidik. Karena itu, pendidik tidak hanya dituntut untuk
menguasai tehnik-tehnik bertanya dan jenis-jenis pertanyaan, tetapi juga
semangat tinggi di dalam membangun situasi yang kondusif bagi terjadinya proses
belajar mengajar.
0 Komentar